Tips Bepergian Nyaman Naik Bus

shares |

Bus masih dianggap sebagai pilihan hemat untuk bepergian dengan catatan daerah yang dituju masih relevan diakses menggunakan transportasi darat. Dengan memilih moda transportasi bus pula seorang traveler bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman visual tentang daerah-daerah yang dilewati sehingga perjalanan makin menyenangkan. Lantas bagaimana jika menjalani perjalanan panjang dengan naik bus?
Nyatanya setiap model transportasi menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti halnya bus juga tak luput dari hal-hal yang kurang menyenangkan mulai dari kelelahan dan sistem keamanan yang lebih rawan. Namun hal-hal negatif tersebut bisa diminimalisir jika kita tahu tips nyaman naik bus dalam perjalanan panjang. Berikut Travelingyuk bagi untuk traveler semua.

1. Memakai Pakaian yang Sesuai

Sebelum memutuskan naik bus pastikan kamu sudah tahu berapa lama kira-kira kamu akan berada di dalam bus hingga tiba di tujuan. Ini penting untuk menyesuaikan pakaian, sebab selama itu pula kamu akan berada di dalam ruangan terbatas dengan gerak terbatas serta menikmati sirkulasi udara yang juga terbatas.
Memakai Pakaian yang Sesuai [image <a href="http://www.wired.co.uk">source</a>]
Memakai Pakaian yang Sesuai [image source]
Sebaiknya selama berada di dalam bus jangan mengenakan kostum aneh-aneh. Sebab tidak ada perasaan yang paling menyiksa di dalam bus kecuali merasakan suhu terlalu dingin ataupun terlalu panas. Kaos berbahan katun yang bisa menyesuaikan berbagai kondisi suhu lingkungan kelihatannya paling tepat dikenakan selama perjalanan di bus, apalagi untuk perjalanan panjang.

2. Bus Tidak Sama dengan Pesawat yang Punya Bagasi Lebih Lega, So Minimalisir Barang Bawaan

Bagasi bus ukurannya lebih kecil dan itu digunakan untuk semua penumpang yang jumlahnya bisa puluhan. Memang ada bagasi pribadi yang letaknya di atas tempat duduk penumpang, tapi itupun ukurannya sangat kecil tidak mungkin dimasuki koper atau tas kecil. Jadi, traveler harus tahu konsekuensi jika dirinya naik bus berarti harus meminimalisir barang bawaan.
Bagasi Bus Terbatas [image <a href="http://foryoutours.co.id/">source</a>]
Bagasi Bus Terbatas [image source]
Pilihlah barang-barang yang sekiranya paling penting saja untuk di bawa. Jikapun tidak kebagian ruang di bagasi toh barang bawaanmu bisa ditaruh di bawah kaki tempat duduk. Bayangkan jika membawa tas besar atau bahkan koper, kalau di bagasi sudah tidak muat mau ditaruh di mana? Kalaupun bisa di taruh di bawah tempat duduk tetap saja mengurangi ruang gerakmu dan berujung pada ketidak nyamanan selama berjam-jam, mau seperti itu?

3. Perlengkapan Tidur

Salah satu kekurangan menggunakan bus dalam perjalanan jauh adalah memakan waktu yang lebih lama. Penumpang mau tidak mau harus punya stok sabar yang banyak untuk menikmati perjalanan dengan duduk dalam waktu yang lama. Tentu saja rasa pegal akan datang menghantui, tapi hal tersebut bisa diakali dengan cara berikut.
Perlengkapan Tidur [image <a href="http://www.virmansyah.info">source</a>]
Perlengkapan Tidur [image source]
Perjalanan panjang apalagi sampai melewati waktu tidur di malam hari sudah tentu bakal sangat melelahkan. Banyangkan kalian duduk di tempat yang sama selama belasan hingga puluhan jam. Untuk itu kalau perjalanannya jauh bawa serta bantal leher untuk menyangga leher biar tidak pegal. Bawa pula penutup mata, syal, baju hangat biar tidurmu nyenyak.

4. Bawa Tisu Basah atau Pencuci Tangan yang Praktis

Seringkali armada bus tidak menyediakan fasilitas toilet yang memadai. Karena banyaknya yang menggunakan fasilitas tersebut dan jumlahnya terbatas pula, orang-orang yang naik bus sangat beresiko saling menularkan bakteri maupun virus. Inilah sumber penyakit yang jarang sekali mendapatkan perhatian dari traveler.
Bawa pencuci tangan praktis [image <a href="http://www.huffingtonpost.com">source</a>]
Bawa pencuci tangan praktis [image source]
Untuk kasus satu ini setiap traveler yang pintar pasti akan selalu membawa pencuci tangan minimalis atau tisu basah di tas maupun kantong. Tujuannya sepele untuk membuat tangan tetap higienis namun manfaatnya sangat besar yaitu terhindar dari penularan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.

5. Sedia Camilan dan Air Mineral

Dua hal yang kerap dialami oleh penumpang bus yaitu kelaparan dan dehidrasi. Kondisi tubuh yang wajar untuk merespon kegiatan menjemukan dalam waktu yang lama di ruangan terbatas. Sebelum berangkat belilah camilan yang berguna untuk menunda lapar seperti cokelat dan biskuit.
Sedia Camilan dan Air Mineral [image <a href="http://blog.misteraladin.com/">source</a>]
Sedia Camilan dan Air Mineral [image source]
Selain itu bawa pula minuman, sebab orang yang naik kendaraan dalam waktu yang lama sangat beresiko terkenal dehidrasi atau kekurangan cairan. Kalau perlu point yang satu ini kamu catat biar tidak lupa, sebab meski bis jarak jauh biasanya punya waktu istirahat dan makan di restoran tapi hal tersebut hanya dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Selebihnya penumpang duduk manis di bangku masing-masing.

6. Trik Mengusir Bosan Selama Perjalanan

Ini nih yang paling tidak bisa dihindari, rasa bosan. Sudah pasti lama kelamaan orang akan bosan jika naik bus dalam kurun waktu yang sangat lama apalagi hingga berhari-hari menumpang bus antar provinsi. Cuma orang itu sendiri yang bisa mengusir rasa bosan tersebut.
Mainan gadget mengusir bosan [image <a href="http://www.gettyimages.ie">source</a>]
Mainan gadget mengusir bosan [image source]
Saat naik bus jangan meninggalkan benda yang paling disukai dan memiliki manfaat untuk mengusir kebosanan. Untuk anak muda sekarang tentu gadget adalah obat paling mujarab mengusir bosan. Pastikan gadgetmu terisi baterai full kalau perlu bawa powerbank. Untuk traveler lain sesuaikan dengan hobi, jika suka dengar musik tinggal putar musik dengan headset atau suka membaca? Bawa deh beberapa buku bacaan kesukaan. Tapi untuk yang terakhir tadi jangan terlalu banyak membaca di dalam bus, pengalaman banyak traveler membaca di dalam bus dalam waktu yang lama bisa bikin pusing kepala.

7. Menikmati Perjalanan

Tips ini paling mujarab membunuh kebosanan, rasa letih, lelah, jenuh dan masih banyak lagi efek negatif naik bus. Caranya adalah dengan menikmati perjalanan. Memang tidak semua orang bisa dengan mudah menikmati perjalanan di dalam bus. Tapi coba perhatikan lewat jendela, banyak sekali pemandangan yang terlintas selama perjalanan.
Menikmati Perjalanan [image <a href="http://www.pinterest.com">source</a>]
Menikmati Perjalanan [image source]
Menikmati perjalanan bukan hanya melihat-lihat pemandangan dari luar jendela saja. Kalau kamu punya kemampuan komunikasi yang bagus dan kehidupan sosial yang mumpuni kamu bisa menyapa orang di sebelahmu atau penumpang lain untuk diajak ngobrol. Saling tukar pengalaman dan menceritakan banyak hal bisa membuatmu lupa perasaan tidak nyaman di dalam bus.

8. Selalu Waspada

Tips terakhir dan yang paling penting saat naik bus adalah selalu waspada baik dengan lingkungan maupun barang bawaan. Tidak seperti naik pesawat yang keamanannya lebih bagus dan memiliki standar tersendiri, bus lebih rawan kalau masalah keamanan.
Selalu Waspada [image <a href="http://www.transbandung.com">source</a>]
Selalu Waspada [image source]
Seperti kata bang napi, bahwa kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya namun juga karena ada kesempatan. Sekali lengah, kejahatan bisa menimpa kamu. So, meski dipaksa untuk rilek, nyaman dan menikmati perjalanan tetap saja radar kewaspadaanmu harus selalu standby.
Itulah tips nyaman naik bus selama traveling semoga bermanfaat. Buat traveler lain yang punya pengalaman naik bus bisa bagi-bagi tipsnya juga pada traveler lain. Cukup tuliskan ke kolom komentar saja.

Sumber : https://iyakan.com/tips-naik-bus/3316

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar