Soto Betawi H. Ma'ruf Soto Legendaris Di Cikini

shares |







Mencari kuliner legendaris di Jakarta selalu mengasyikan dan penuh semangat. Karena hampir sudah pasti makanan legendaris sudah teruji keenakan-nya atau kelezatannya, karena itu bisa bertahan sampai saat ini. Salah satu tempat makan yang akan saya datangi ini sudah berjualan sejak tahun 1950, namanya Soto Betawi H. Ma'ruf.

Soto Betawi H. Ma'ruf yang saat ini berjualan di area Taman Ismail Marzuki (TIM). Awalnya pada tahun 1950 H. Ma'ruf ini berjualan dengan pikulan di sekitar PLN Gambir, lalu menetap di stasiun Gondangdia sampai tahun 1963-1964 lalu pindah lagi ke Cikini Raya hingga tahun 1983 dan sudah berbentuk warung, tetapi walau bentuknya warung pembelinya kebanyakan orang-orang elit, karena Cikini dekat dengan Menteng, salah daerah elit di Jakarta.

Saat ini Bapak Muchlis Ma'ruf sebagai penerusnya, putra ke-7 dari 10 putra putri H. Ma"ruf dan Hj. Maimunah Binti Ma'um. Berjualan di area Taman Ismail Marzuki (TIM) tempatnya juga sederhana, dan terdapat foto Bapak Presiden Jokowi bersama Bapak Jusuf Kalla yang sedang mampir ke soto H. Ma'ruf ini.

Saya memesan soto daging dan nasi putih saja, dengan kuah santan berisi potongan daging sapi yang cukup banyak dan taburan emping. Kuahnya gurih, daging sapinya juga empuk. Sambelnya lumayan pedas dan disediakan juga acar untuk pelengkap santap soto betawi ini. Soto dagingnya enak dan saya tidak salah mampir ke tempat ini.

Beberapa pelanggan yang baru datang memesan soto daging campur paru, kapan-kapan saya pingin coba juga menu soto daging campur paru. Atau menu khas betawi yang lain seperti Laksa Betawi. Terima kasih soto H. Ma'ruf yang terus melestarikan salah satu makanan khas Jakarta. (frans)

Soto Betawi H. Ma’ruf
Komplek Taman Ismail Marzuki (TIM)
Jl. Cikini Raya 73
Jakarta Pusat
Telp: 021-3148817
HP: 0811160921
Buka Jam : 09:00 – 20:30
Soto Betawi Rp. 36.000,-

Sumber :http://www.doyankuliner.com/article/detail/386/Soto-Betawi-H.-Maruf-Soto-Legendaris-Di-Cikini perlengkapan dapur

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar